PERBEDAAN LAMANYA PELEPASAN TALI PUSAT PADA BAYI DITINJAU DARI PERAWATAN DENGAN AIR SUSU IBU DAN PERAWATAN KASA KERING

  • Yuhemy Zurizah Yuhemy Zurizah

Abstract

Perawatan tali pusat yang benar dan lepasnya tali pusat dalam minggu pertama secara bermakna mengurangi insiden infeksi pada noenatus. Salah satu cara yang disarankan WHO dalam merawat tali pusat adalah dengan menggunakan pembalut kasa bersih yang sering diganti, selain itu sebagaimana juga disarankan penelitian diarahkan pada penggunaan anti septik dan zat-zat pengering tradisional misalnya ASI atau kolostrum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan lamanya pelepasan tali pusat pada bayi ditinjau dari perawatan dengan air susu ibu dan perawatan teknik kasa kering. Ruang lingkup penelitian ini ditujukan kepada lamanya pelepasan tali pusat pada bayi ditinjau dari perawatan dengan air susu ibu dan perawatan teknik kering terbuka dengan desain penelitian analitik comparative. Sampel pada penelitian ini 10 bayi dengan kasa kering dan 10 bayi dengan air susu ibu. Hasil yang diperoleh dari uji Independent Samples t Test p value = 0,018 < 0,05 maka dapat dinyatakan ada perbedaan lamanya pelepasan tali pusat pada bayi ditinjau dari perawatan dengan air susu ibu dan perawatan teknik kasa kering. Disarankan kepada petugas kesehatan agar dapat mensosialisasikan perawatan tali pusat dengan air susu ibu yang dapat menyebabkan tali pusat lebih cepat lepas.

 

 

ABSTRACT

Care of the umbilical cord completely and off the umbilical cord in the first week. One way that is used by WHO in the care of the rope is to use sanitary napkins that are often replaced, in addition to the use of anti-septic and traditional substances such as breast milk or colostrum. The purpose of this study was to find out the parts of treatment with breast milk and treatment of dry gauze techniques. The scope of this study is intended for treatment with milk and treatment techniques with comparative analytics. The sample in this study were 10 babies with dry gauze and 10 babies with breast milk. The results obtained from the Independent Samples t Test p value = 0.018 <0.05, it can be stated that there is a value of the length of the mop Talking the umbilical cord in infants in terms of treatment with breast milk and treatment of dry gauze techniques. So that you can socialize the care of the rope with breast milk which can cause the umbilical cord to loose more quickly.

Published
2019-04-24
How to Cite
Yuhemy Zurizah, Y. Z. (2019). PERBEDAAN LAMANYA PELEPASAN TALI PUSAT PADA BAYI DITINJAU DARI PERAWATAN DENGAN AIR SUSU IBU DAN PERAWATAN KASA KERING . Jurnal Kebidanan : Jurnal Ilmu Kesehatan Budi Mulia , 8(2). https://doi.org/10.35325/kebidanan.v8i2.136