Perspektif Kemudahan Akses Lokasi dengan Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Sekar Jaya Tahun 2020

Kepuasan Pasien

  • Febrianti Gusparini UPTD Puskesmas Sekarjaya Dinas Kesehatan OKU

Abstract

Kemudahan akses menuju lokasi puskesmas merupakan salah satu kriteria pasien dalam memilih pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Pada masa sekarang ini dimana pembangunan dan perkembangan transportasi, teknologi dan penerapan pelayanan on line sangat memudahkan bagi masyarakat untuk memilih tempat pelayanan kesehatan yang diinginkan. Penelitian ini  menilai  Perspektif  kemudahan akses ke lokasi puskesmas  dengan kepuasan pasien yang menerima pelayanan di UPTD Puskesmas Sekar Jaya tahun 2020 dengan desain  Penelitian analitik dengan dengan desain cross sectional dan dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu quesioner kemudahan akses dan quesioner kepuasan pelanggan pada tanggal 1 Nopember sampai dengan 1 Desember 2020 dengan jumlah sampel 80  sampel.  Dalam menganalisa hasil penelitian , peneliti menggunakan uji Chi – Square dan didapatkan hasil bahwa kemudahan dalam mencapai lokasi (geografis), Aksesbilitas transportsi umum dan ketersediaan lahan parkir yang memadai memiliku hubungan yang bermakna pada kepuasan pasien.

Published
2021-06-15
How to Cite
Febrianti Gusparini. (2021). Perspektif Kemudahan Akses Lokasi dengan Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Sekar Jaya Tahun 2020. Jurnal Kebidanan : Jurnal Ilmu Kesehatan Budi Mulia , 11(1), 111 - 118. https://doi.org/10.35325/kebidanan.v11i1.257