FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PUTRA DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG TAHUN 2016

  • Sri Susanti Sri Susanti

Abstract

ABSTRACT


Male adolescent are vulnerable group in doing risky behavior, one of them is smoking behavior. Smoking behavior of male adolescent do are influenced by several factors. The dependent variable in this research is the behavior of smoking and the independent  variables are the knowledge, the influence of peers, and family environment. The sample in this research is total sampling as many as 112  respondents. The research used a analytic survey method with cross sectional approach. Data analysis is using chi square test with 95% confidence level ( α = 0.05 ) . The results if the research showed that 39.3 % of male adolescent smoke and 60.7 % of the male adolescent  do not smoke. The result of Chi-square statistical test showed no significant relationship between knowledge variable ( p value = 0.844 ) and smoking behavior of male adolescent, while peer influence variable ( p value = 0.000 ) and family environment ( 0.000 ) showed a significant relationship with smoking behavior in SMP Negeri 40 Palembang. This research suggests to the school to increase positive activities in groups that can divert adolescents from smoking behavior, for example by  extracurricular activities, sports and so forth, and entered into cooperation between programs with health institutions in giving information about adolescent development and adolescent health problems, especially the dangers of smoking behavior in adolescents.

 

ABSTRAK

Remaja putra merupakan kelompok yang rentan dalam melakukan perilaku berisiko, salah satunya adalah perilaku merokok. Perilaku merokok yang dilakukan remaja putra dipengaruhi oleh beberapa faktor. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku merokok dan variabel indevenden adalah pengetahuan, pengaruh teman sebaya, dan lingkungan keluarga. Sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling dengan jumlah responden 112 remaja putra. Jenis penelitian yang digunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisis data menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 39,3% remaja putra yang merokok dan 60,7% dari remaja putra yang tidak merokok. Hasil uji statistik chi square menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara variabel pengetahuan (p value= 0,844) dengan perilaku merokok remaja putra, sedangkan variabel pengaruh teman sebaya (p value = 0,000) dan lingkungan keluarga (0,000) menunjukan adanya hubungan yang bermakna dengan perilaku merokok di SMP Negeri 40 Palembang. Penelitian ini menyarankan pada pihak sekolah untuk meningkatkan kegiatan positif yang bersifat kelompok yang dapat mengalihkan remaja dari perilaku merokok misalnya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, olahraga dan lain sebagainya, dan mengadakan kerja sama lintas program dengan Instansi kesehatan dalam pemberian informasi tentang perkembangan remaja dan permasalahan kesehatan remaja, khususnya bahaya perilaku merokok pada remaja.

 

 

Published
2019-04-24
How to Cite
Sri Susanti, S. S. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PUTRA DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG TAHUN 2016. Jurnal Kebidanan : Jurnal Ilmu Kesehatan Budi Mulia , 6(1). https://doi.org/10.35325/kebidanan.v6i1.83