HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK MATAHARI PALEMBANG TAHUN 2017

  • Leny, Chicha Kusmawati Leny, Chicha Kusmawati

Abstract

ABSTRAK

 

Orang tua merupakan pendidik yang paling utama, guru serta teman sebaya yang merupakan lingkungan kedua bagi anak. Masa depan anak dikemudian hari akan sangat tergantung dari pengalaman yang didapatkan anak termasuk faktor pendidikan dan pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Matahari Palembang Tahun 2017. Jenis penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua orang tua dan siswa di TK Matahari Palembang tahun 2017 yang berjumlah 50. Sampel sebanyak 39 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Metode analisis data menggunakan Chi Square. Pada analisis univariat menunjukkan orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter sebanyak 15,4 %, permisif 15,4 %, dan demokratis sebanyak  69,2 %. Pada kemampuan sosialisasi anak didapatkan kemampuan sosialisasi yang baik 51,3 %, cukup 30,7 %, dan kemampuan sosialisasi yang kurang 17,9 %. Analisis bivariat menunjukkan anak yang di asuh dengan pola asuh tidak demokratis mempunyai kemampuan sosialisasi baik 83,3% dan kurang 16,7 %. Anak dengan pola asuh Demokratis mempunyai kemampuan sosialisasi baik 66,7 %, kurang 66,7 %.  Adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Matahari Palembang Tahun 2017 dengan p = 0,004. Pola asuh orang tua mempengaruhi perkembangan dan sosialisasi pada anak dikemudian hari sehingga dibutuhkan metode yang tepat untuk diterapkan pada anak.

 

 

Published
2019-04-24
How to Cite
Leny, Chicha Kusmawati, L. C. K. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK MATAHARI PALEMBANG TAHUN 2017. Jurnal Kebidanan : Jurnal Ilmu Kesehatan Budi Mulia , 7(1). https://doi.org/10.35325/kebidanan.v7i1.98